Karikatur | Caricature





Karikatur, caricature (bahasa Inggris), karikatur (bahasa Jerman), caricatuur (bahasa Belanda) semuanya berasal dari kata caricare (bahasa Italia, berarti melebih-lebihkan). Kata caricare sendiri ada hubungannya dengan kata lain, caratere (bahasa Italia), artinya character (bahasa Inggris), karakter (bahasa Belanda) dan dalam bahasa Indonesia artinya watak. Caricare ini juga berkaitan dengan kata “cara” (bahasa Spanyol) artinya wajah.

Dalam Encyclopedie International karikatur diartikan sebagai “a satire in a pictorial and sculptural form.” Artinya bahwa sindiran dalam bentuk gambar (dua dimensi) dan sculptural (tiga dimensi). Dalam Encyclopedie Britanica, caricature is the distorted presentation of a person, type or action, commonly a silent feature, is seized upon the exaggerated, or pictures or animals, birds or vegetables are substituted for barts of human being or analogy is made to animal actions
Karikatur sebagai penyajian/penggambaran seseorang dalam keadaan terdistorsi, yang dibuat secara berlebihan (mengadopsi bentuk) dari binatang, burung, atau sayur-sayuran, buah-buahan yang menggantikan bagian-bagian (anatomi) dari manusia sebagai analogi. Analogi itu bisa dimaksudkan sebagai sifat-sifat yang menyamai binatang dan lain-lain, namun itu tidak selalu dimaksudkan seperti itu.

Wajah, dalam karikatur, tentu saja memegang peranan penting dalam penggambaran watak seseorang dengan ciri-cirinya yang khas yang kemudian ditonjolkan atau dilebih-lebihkan (exaggeration) itu.


Jadi, karikatur adalah cara menggambarkan orang (wajah) dengan sengaja melebih-lebihkan atau mendistorsi ciri khas bagian tertentu dari suatu objek, penampilan mereka dan sifat-sifat karakteristik mereka namun tetap mempertahankan kemiripan.
"Caricatures are a way of portraying people by intentionally exaggerating or distorting their appearance and their characteristic traits while still maintaining a likeness."

In practice, creating a caricature depends on two equally important elements (Ada dua elemen yang sama penting dalam membuat karikatur):
  1. The visual experience; how we see the subject’s features, the impression we have of the subject’s physical appearance. (Pengalaman visual kita, yaitu bagaimana kesan kita melihat penampilan seseorang itu secara fisik. Misal saja bentuk wajahnya bulat, kotak, lonjong, hidungnya mancung, mulut lebar, bibir tebal dll).
  2. Knowledge (or intuition) of the intimate character of the person (Pengetahuan atau intuisi kita terhadap watak seseorang). 



Comments

Popular Posts