Sunday, January 24, 2010

Bagong Soebardjo


Mr. Bagong Soebardjo.
He's one of Indonesian cartoonists and also the founder of a cartoon puppet. He is the puppet master for what he found. He lives in Jogjakarta, Indonesia. He's just celebrated his birthday.

Pen on sketchpaper A4

2 comments:

  1. Ton...aku mau berguru padamu bikin beginian. Bagi ilmunya donk... Aku kesulitan menangkap 'esensinya' kalau bikin karikatur.

    ReplyDelete
  2. halo bang, ya sbnrnya aku pngen utk diskusi soal bagaimana utk bikin karikatur biar bisa paling nggak mirip atao lebih dalam lagi untuk menangkap esensinya. aku blum punya trik atao bagaimana mengakalinya, tpi untuk visualisasi terutama pada bagian2 yg perlu dilebih2kan, ya mungkin perlu terus menerus amati bagaimana bentuk scara anatominya, lantas dieksplor dengan bentuk2 yang sama tapi dilebihykan sdikit. misal lekuk matanya agak melengkung, bisa dilebihkan sdikit demi sdikit bentuk lengkungannya, menjadi smakin melengkung. begitu juga bagian2 yg lain.

    atau bisa juga dengan membuat organ yg normal, tapi kemudian organ yg lain juga digambar normal tapi ukurannya lebih besar saja... ini pasti agak bingung untuk memahami ini, agak susah untuk dijelasin dengan kalimat.

    bisa juga kita cari terus menerus apa yg dilebih2kan dalam satu gambar, misal dengan melihat contoh karya yang ada,kmudian dibandingkan dengan foto yang asli. akan tahu bagaimana perbedaannya, apa2 yg dilebih2kan akan kelihatan ketika kita mmbandingkan antara artworknya sm foto asli, misalnya...

    itu dari sisi bagaimana mmbuat distorsinya, lantas mungkin bagaimana mmberi muatan, mksdnya mmberi tema bahwa si tokoh itu lagi ngapain atau siapa dia, bisa dicari profil dia sperti apa, dari profil atau hal apa yg menonjol dari dia, bisa dikonsepkan dengan kenakalan2 dari perwujudan imajinasi kita.


    ya mungkin begitu... hehehe, bagaimana kira2?

    ReplyDelete