Ilustrasi Sampul Buku


Jum'at, 23 Mei 2014, lalu saya menyempatkan kunjungi JakartaBookFair 2014 di Istora Senayan, Jakarta. Jum'at  adalah hari pertama pembukaan Jakarta Book Fair 2014.

Di ruang Kenanga 3, saya lihat ilustrasi di sampul sebuah buku. Tentu saya tak asing dengan itu. Ada nama penanda siapa pembuatnya. Nama saya ada di bawah pojok kanan gambar. Entah saya tak tahu darimana ilustrasi itu bisa ada di sampul. Saya hanya tak menyangka menemukannya di tumpukan buku. 




Beberapa tahun lalu, sempat saya diberi informasi dan melihat sendiri salah satu ilustrasi saya mengenai kampanye pemilihan umum juga dipakai sebuah majalah politik. Hanya saja "credit title" karya ditulis keliru darimana ia didapatkan.

Drs. Jeni Akmal menulis buku BINTANG REDUP DI KALA KILAT DATANG, kegelisahan intelektual seorang serdadu.

Ia melihat bahwa intelektualitas masih seringkali dianggap belum mumpuni jika tidak tenar, katakanlah keselebritian. Berkaca dari kasus briptu Norman, misalnya, ia memandang keprofesionalitasan sebagai serdadu dikalahkan oleh dunia keselebritian yang ia anggap dan gambarkan sebagai bintang redup.

Jeni Akmal berpangkat Mayor. Ia mantan serdadu. Pangkat Serda ia dapat setelah lulus wamil (Wajib Militer). Terakhir kali ia berpangkat Mayor.

Comments

Popular Posts