Tuesday, February 26, 2008

an interactive graphic



Di surat kabar-surat kabar cetak, kita temukan infografis. Biasanya di halaman pertama. Bentuknya kotak, balok, atau apapun dengan detail urutan peristiwa. Lengkap dengan ilustrasi modelnya. Ada yang bagus-bagus. Tak jarang yang cukup sederhana.

Banyaknya berita yang harus dimuat terkadang mengurangi jatah space infografis. Parahnya lagi surat kabar itu lebih mementingkan iklan operator telpon seluler atau cuma iklan pribadi surat kabar ketimbang pendukung berita itu. Akibatnya infografis susah dipahami. Data terlalu banyak dengan space cekak. Esoknya pembaca tak berlangganan surat kabar itu. Mungkin.

Sesekali mengunjungi surat kabar luar negeri. USA TODAY. Cukup online saja. Di sana terdapat grafis interaktif. Lebih detail. tak terlalu memerlukan space yang besar, jika tak diperlukan. Grafis Interaktif, demikian USATODAY menyebutnya.

Ini menarik. Mungkin kita tak bakal menemukan hal semacam itu di halaman website-website surat kabar indonesia versi digital. Online. Info grafis versi cetak pun jarang ditemukan di halaman-halaman website surat kabar Indonesia. Untungnya tempo interaktif memasang infografis versi cetaknya.

1 comment:

  1. bagus bgt ulasan soal infografis USA today. kapan Indonesia bisa bikin kayak gini?
    mantap!!

    ReplyDelete